Selasa, 24 April 2012

Sosok Jamur Tiram


Tak kenal maka tak sayang, begitu juga dengan jamur yang satu ini. Jadi, kenali sosok jamurnya. Menurut Trubus (2010), jamur tiram terdiri dari bagian-bagian dibawah ini.

1. Gill


(Dokumentasi Pribadi)
Bagian bawah dari tudung terdapat "sekat-sekat" yang disebut Gill. Sekat-sekat panjang itu mulai dari batang. Setelah mencapai tudung, sekat bercabang dua. Di sekat-sekat itulah terdapat jutaan spora.

2. Tudung


(Dokumentasi Pribadi)
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) dikenali dari sosoknya seperti payung dengan bentuk tudung (cap) membulat, lonjong, dan agak cekung sehingga mirip cangkang tiram. Lebar tudung 4-14 cm bahkan ada 25 cm. Warna tudung bervariasi ada putih, kuning abu-abu dan cokelat. Daya tahan tubuh buah hanya 1-2 hari, setelah itu layu dan keriput. Bentuk tudung ada 2 macam yaitu tiram dan corong.

3. Batang



(Dokumentasi Pribadi)
Batang jamur tiram setinggi 5-10 cm, ia pun menopang tudung tetapi "pertemuan" tidak pada pusat lingkaran, melainkan bergeser beberapa cm. Pada jamur liar, di bagian atas batang terdapat cincin yang melingkari batang. Di pangkal tumbuh cabang-cabang atau batang kecil yang juga menopang tudung. Spora terdapat di permukaan dan di dalam batang. Bagian dalam sering dimanfaatkan untuk perbanyakkan di laboratorium karena spora lebih steril.

Semoga bermanfaat.

penilaian

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan pesan untuk kami